Visi dan Misi
A. Tujuan Pendidikan Tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan dirumuskan mengacu pada tujuan umum berikut ini : Tujuan pendidikan dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut
B. Visi Sekolah Dasar Negeri Kademangan 01 Visi SD Negeri Kademangan 01 ditetapkan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi sekolah. SD Negeri Kademangan 01 sebagai unit penyelenggara pendidikan memperhatikan perkembangan dan tantangan masa depan. Misalnya, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, arus globalisasi dan informasi, serta perubahan kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan sehingga memacu sekolah untuk merespon tantangan dan peluang. Oleh karena itu, kami merumuskan visi SDN Kademangan 01 yaitu : “ Profesional, Unggul Dalam Mutu,Berbudaya dan Berakhlak Mulia Kami memilih visi ini dengan berorientasi pada tujuan jangka panjang, menengah,dan pendek. Visi SDN Kademangan 01 menjadi pedoman bagi setiap sivitas akademika SDN Kademangan 01 untuk mewujudkannya dalam mencapai tujuan sekolah. Visi SDN Kademangan 01 tersebut mencerminkan profil dan cita-cita SDN Kademangan 01yaitu :
1. berorientasi pada keunggulan dengan memperhatikan potensi kekinian; secara profesional
2. sesuai dengan norma dan harapan masyarakat;
3. bersifat mengikat bagi setiap sivitas akademika SDN Kademangan 01
4. sebagai panduan bagi pelaksanaan misi sekolah SDN Kademangan 01
C. Misi Sekolah Dasar Negeri Kademangan 01 Untuk mewujudkan visi SD Negeri Kademangan 01 tersebut, diperlukan suatu misi berupa kegiatan jangka panjang , menengah dan pendek. Misi SDN Kademangan 01 yang disusun berdasarkan visi diatas, antara lain sebagai berikut :
- Melaksanakan kegiatan pendidikan yang berkualitas dengan landasan manajemen kependidikan professional yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
- Menyelenggarakan kegiatan kependidikan yang mampu mengoptimalkan potensi anak didik agar mempunyai bekal kemampuan yang memadai untuk mengembangkan diri secara utuh sebagai insan yang beriman dan bertaqwa di era perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi modern, sesuai dengan kepribadiannya.
- Membangun citra sekolah sebagai mitra terpercaya di masyarakat.
- Menyiapkan sumber daya manusia yang aktif, kreatif, inovatif, sesuai dengan perkembangan zaman.
- Menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan kondusif, berwawasan lingkungan hidup.
- Merealisasikan peningkatan prestasi akademik menuju taraf nasional
- Merealisasikan peningkatan prestasi non akademik menuju taraf nasional
- Mewujudkan lulusan yang bertaraf nasional yang tetap berlandaskan iman dan takwa.
- Mewujudkan silabus mata pelajaran berstandar nasional
- Mewujudkan RPP mata pelajaran berstandar nasioinal
- Mewujudkan perangkat kurikulum yang bertaraf nasional , lengkap, mutakhir, dan berwawasan ke depan
- Mewujudkan proses pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, inovatif, variatif
- Mewujudkan proses pembelajaran dengan menggunakan multimedia dan multi pendekatan secara bilingual dengan berbasis TIK.
- Menyelenggarakan pelatihan bagi pendidik dan tenaga kependidikan yang berstandar nasional
- Mewujudkan standar pendidik dan tenaga kependidikan sesuai standar kualifikasi pendidik dan tenaga kependidikan.
- Melaksanakan pengadaan fasilitas kelas yang memadai
- Mewujudkan kelengkapan fasilitas sekolah yang memadai
- Mewujudkan standar pengelolaan pendidikan berstandar nasional
- Mewujudkan penggalangan biaya pendidikan yang memadai.
- Mewujudkan penggalian dana secara mandiri
- Mengimplementasikan sistem penilaian berstandar nasional Mewujudkan budaya mutu dan etos kerja di sekolah
- Melestarikan budaya daerah dan nasional sebagai ciri kepribadian bangsa.
- Mewujudkan lingkungan sekolah yang nyaman, aman, rindang, asri, bersih
D. TUJUAN SEKOLAH
Tujuan Umum SD Negeri Kademangan 01 Berdasarkan visi dan misi sekolah, maka tujuan yang hendak dicapai SDN Kademangan 01 dalam jangka menengah kurun waktu 4 tahun sebagai berikut :
1. Terealisasinya prestasi akademik yang bertaraf nasional
2. Terealisasinya prestasi non akademik yang bertaraf nasional
3. Tersusunnya program – program dalam upaya pengembangan SKL
4. Tersusunnya SKL yang bertaraf nasional yang berlaku di sekolah
5. Terdapat dokumen SKL berstandar nasional di sekolah untuk mapel MIPA, TIK, dan bahasa Inggris
6. Tersusunnya program – program dalam upaya pengembangan kurikulum
7. Tersusunnya kurikulum yang berlaku di sekolah 8. Tersusunnya SK – KD yang merupakan penjabaran dari SKL 9. Tersusunnya KD – KD dan indikator – indikator kompetensi sebagai penjabaran lebih rinci dari SK - KD 10. Tersusunnya RPP yang akan dipergunakan untuk proses pembelajaran 12. Terdapat dokumen seperangkat kurikulum di sekolah untuk semua mata pelajaran 13. Tersusunnya program – program dalam upaya pengembangan Proses Belajar Mengajar. 14. Ditetapkannya berbagai model pembelajaran berstandar nasional 15. Ditetapkannya berbagai strategi pembelajaran berstandar nasional berbasis ICT 16. Tersusunnya program untuk mendukung keterlaksanaan Prose Belajar Mengajar 18. Tersusunnya program – program dalam upaya pengembangan fasilitas sekolah berstandar nasional 19. Terpenuhinya fasilitas pokok sekolah yang bertaraf nasional seperti lab bahasa, lab IPA, lab komputer, pusat multi media komputer dan jaringan internet,dan peralatan media pembelajaran di kelas (TV, VCD, tape recorder, LCD, Laptop ) minimal 6 rombel 20. Terpenuhinya fasilitas pendukung berstandar nasional untuk pembelajaran dan manajemen sekolah secara profesional 21. Tersusunnya program sekolah untuk meningkatkan kompetensi dan kualifikasi SDM 22. Tersusunnya program sekolah untuk memenuhi jumlah pendidik dan kependidikan sesuai dengan tuntutan pembelajaran 23. Terpenuhinya kebutuhan SDM di sekolah yang sesuai dengan Sekolah Standar Nasional mengoperasukan komputer dan internet, dan mampu menggunakan ICT 24. Tersusunnya program dalam upaya pengembangan manajemen sekolah berstandar nasional 25. Diimplementasikannya model manajemen berbasis sekolah secara penuh 26. Diimplementasikannya program management dengan standart nasional dalam upaya pengembangan Sekolah Bertaraf Nasional 27. Terdapat jalinan kerjasama dengan sekolah sederajad yang telah berstandar nasional 28. Tersusunnya program dalam upaya pengembangan pembiayaan Sekolah Setandar Nasional 29. Diperolehnya sumber pendanaan penyelenggaraan pendidikan berstandar Nasional, baik dari komite sekolah, pemerintah daerah, pemerintah pusat 30. Terpenuhinya standar pembiyaan pendidikan standar per anak per tahun 31. Tersusunnya program – program dalam upaya pengembangan sistem penilaian pendidikan di sekolah bersdtandar nasional untuk mapel MIPA, TIK, DAN BIG, 32. Ditetapkannya berbagai standar nilai yang bertaraf inasional 33. Ditetapkannya model penilaian sesuai tuntutan kurikulum standar nasional 34. Dilaksanakannya berbagai model penilaian pembelajaran yang berstandar Nasional 35. Terdapat dokumen penilaian di sekolah untuk semua mata pelajaran 2. Tujuan Khusus SD Negeri Kademangan 01 Secara khusus, tujuan pendidikan di SD Negeri Kademangan 01 adalah sebagai berikut 1. Segi pembelajaran 1. Siswa berhasil menyelesaikan proses belajar dengan baik di tingkat masing-masing 2. Siswa kelas VI berhasil dalam Ujian Sekolah / Ujian Nasional dengan memperoleh nilai rata-rata tinggi ( minimal 6,50 ) serta bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi yang sesuai dengan mengarah ke SMP Favorit. 3. Siswa dapat menunujukkan prestasi dalam berbagai event yang diikuti 4. Terlaksananya Kurikulum SD Negeri Kademangan 01 dalam kegiatan pembelajaran, aktif, kreatif inovatif dan menyenangkan 2 Segi kesiswaan dan ekstra kurikuler 1 Siswa mendapatkan pelajaran yang baik dalam bidang supervisi/konseling 2. Siswa bisa mengembangkan bakat dan minat dalam kegiatan pramuka, kesenian maupun olah raga. 3. Siswa bisa menunujukkan prestasi dalam berbagai perlombaan/event yang diikuti dalam kegiatan pramuka, kesenian maupun olah raga. 4. Terselenggaranya prinsip manajemen yang profesional dalam kegiatan ekstra kurikuler 3 Segi Ketatausahaan dan prasarana 1. Meningkatkan efektifitas dan efisiensi manajemen melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia 2. Meningkatkan kualitas pemeliharaan fasilitas dan kebersihan/keindahan lingkungan sekolah 3. Menambah sejumlah sarana prasarana pendidikan sejalan dengan peningkatan kebutuhan dari tahun ke tahun E. Program dan Kegiatan Program 1 : Penyusunan Kurikulum SDN Kademangan 01 untuk 8 mata pelajaran muatan nasional dan 5 mata pelajaran muatan lokal Kegiatan : Pemetaan, penyusunan, silabus dan sistem penilaian, RPP, dan penentuan KKM Program 2 : Penyusunan Kurikulum SDN Kademangan 01 untuk mulok Bahasa Jawa, bahasa Inggris, Praktik Keagamaan, wawasan kebangasaan, dan budi pekerti. Kegiatan : Pemetaan, penyusunan silabus, dan sistem penilaian, RPP, dan penentuan KKM Program 3 : Penyusunan Kurikulum SDN Kademangan 01 untuk pengembangan diri Kegiatan : Penentuan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Program 4 : 4.1. Penyusunan format penilaian mata pelajaran 4.2. Penyusunan format laporan hasil belajar siswa (LHBS) kepada orang tua Kegiatan : 1. Membuat format penilaian mata pelajaran 2. Membuat format laporan hasil belajar siswa (LHBS)
Mine coins - make money: http://bit.ly/money_crypto
Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
Keluar
Mutasi Keluar Tahun 2022 No Nama Kelas Tujuan Ket 1 AMELIA NUR ZAHRA 4 Kec. Binangun Kab. Blitar Proses 2 JOANA PRINCESA QAIREEN 2 Kab. Sukoharjo Pr
Masuk
Mutasi Masuk Tahun 2022 No Nama Kelas Asal Sekolah Tgl Masuk Download 1 ARDANA ARI S 4 SDN Wilayang 01 10 Jan disini 2 ALENA DELLIA PERMATA 2 SDN Pekayon Jaya 1
Mutasi
Mutasi Masuk Persyaratan Peserta Didik untuk mutasi masuk ke UPT SDN Kademangan 01, sebagai berikut : Pindah Keluar Persyaratan Peserta Didik untuk pindah keluar dari UPT SDN Kad
Denah Sekolah
Denah kelas tahun pelajaran 2021/2022
Profil
Profil Sekolah Tahun Pelajaran 2020/2021 Semester 2